Pengertian News Presenter

Posted By: Andrade Silva, 30 Mei 2009

Menurut: (http://en.wikipedia.org/wiki/News_anchor)

NEWS PRESENTER

Newspresenter, secara umum, adalah orang yang mempresentasikan sebuah program berita di TV, Radio, atau Internet. Istilah ini tidak digunakan secara umum oleh orang di dalam industri (pertelevisian), karena mereka cenderung menggunakan istilah yang lebih terdeskripsi atau kadang-kadang khusus (sesuai negara). Contohnya adalah “newsreader“, “newscaster“, dan “newsanchor“.

Pembedaan Peran

Newscaster

Newscaster adalah presenter berita yang dia sendiri adalah sebagai reporter aktif, yang juga berperan dalam proses pembuatan naskah berita bagi bulletin berita tersebut.

Sebelum era televisi, siaran berita radio sering mencampurkan antara berita dengan opini di mana masing-masing presenter memiliki gaya yang berbeda-beda. Presenter semacam ini sering pula disebut sebagai komentator. Presenter berita terakhir dalam tipe ini adalah Paul Harvey. Istilah newscaster menjadi umum untuk membedakan antara presenter dari berita umum dengan komentator.

Akan tetapi, di Inggris, presenter yang bekerja di ITN sering disebut sebagai newscaster (sudah dimulai semenjak 1950-an), sementara yang bekerja di BBC menyebut diri dengan newsreader.

Newsanchor

Di Amerika Serikat dan Kanada, presenter dari program berita, lebih sering disebut sebagai newsanchor (kadang kala disebut anchorperson, anchorman, atau anchorwoman), dan bukan sebagai “newscaster“. Anchorman adalah orang yang mempresentasikan materi yang telah dipersiapkan untuk program berita, dan, kadang kala, harus pula berimprovisasi komentar untuk presentasi langsung. Banyak newsanchor yang terlibat juga dalam proses pembuatan atau pengeditan berita.

Istilah “anchorman” pertama kali dikemukakan oleh produser Don Hewitt, dan PBS mencatat penggunaan pertama kali pada tanggal 7 Juli 1952, untuk mendeskripsikan peran Walter Cronkite dalam Konvensi Partai Republik dan Partai Demokrat. Menurut Hewitt, istilah ini mengacu pada “anchor leg” dalam balapan relay.

Menurut (http://id.wikipedia.org/wiki/Pembawa_berita)

PEMBAWA BERITA

Presenter berita adalah orang yang membawakan atau mengantarkan acara berita di televisi atau radio. Istilah ini biasa dipakai di industri televisi di Indonesia dan merupakan padanan penyiar berita yang juga banyak dipakai di radio. Secara internasional dikenal tiga kategori yakni pembaca berita (newsreader), penyiar berita (newscaster), dan jangkar berita (anchor).

Perbedaan peran

Pembaca berita

Pembaca berita adalah pembawa acara yang berperan membacakan berita. Dalam dunia modern, teknologi memungkinkan para jurnalis melakukan siaran langsung dari lokasi kejadian, sehingga mengurangi peran utama sang pembaca berita.

Sejak tahun 1980an banyak lembaga penyiaran yang berpindah dari sekedar memakai pembaca berita, yang kebanyakan adalah aktor yang sekedar membacakan naskah yang ditulis orang lain dan tidak punya peran dalam peliputan berita. Stasiun seperti TVRI juga berpindah menggunakan penyiar berita yang terlibat dalam pembuatan berita dan bukan sekedar membacakannya.

Penyiar berita

Penyiar berita adalah orang yang menyiarkan program berita dan ia juga bekerja sebagai jurnalis and ikut dalam peliputan berita atau produksi berita, yakni aktif ikut serta dalam membuat naskah berita yang akan dibacakannya. Istilah ini diperkenalkan di tahun 1980an untuk membedakan jurnalis aktif dari pembaca berita, jenis presenter berita sebelumnya.

Jangkar berita

Jangkar berita atau news anchor, adalah jurnalis televisi atau radio yang membawakan materi berita, dan sering terlibat memberikan improvisasi komentar dalam siaran langsung. Istilah ini utamanya dipakai di Amerika Serikat dan Kanada. Banyak news anchor terlibat dalam penulisan dan/atau penyuntingan berita bagi program mereka sendiri. News anchor juga mewawancara narasumber di studio atau memandu program diskusi. Banyak juga yang menjadi komentator dalam berbagai program berita.

Istilah anchor (juga anchorperson, anchorman, atau anchorwoman) diperkenalkan oleh produser CBS News Don Hewitt. CBS pertama kali memakainya pada 7 Juli 1952 untuk menjelaskan peran penyiar Walter Cronkite pada saat Konvensi Nasional Partai Demokrat dan Republik.

Tapi… ternyata ada juga seperti ini…

Diambil dari percakapan pribadi dengan Ann

Ann: If you know alot about Ira Kusno (like I did quite well), then you will
soon recognise that Eva is the next Ira Kusno (in the real term of TV
journalist, not just anchor).
Do you know what’s the difference between TV journalist and anchor?
Most of Metro TV anchors are really anchors, except Chantall.

TV journalist, perhaps it refers more on the shape of “journalism”
media. Journalism media can be divided into some groups: printing
(newspaper, newswire), audio (radio, radio satellite), audio visual
(TV), and Internet (also newswire via internet).

Every group has its own typical.
audio visual takes more complicated works cos it deals with audio,
visual, and technical writings as well.

TV journalist = he/she works from the first step to show is over.
Starts from listing, that’s the time when you choose topic to be
covered, prepare the reporting process to go the field (to decide
location, source/nara sumber), apply for camera person for you
(+driver, TV journalist goes to field with operational car), etc..
the point is, all are done by him/herself, from preparation, covering
in the field, editing (with standard of newsroom, and editor), and
presenting. but evaluating will be conduted by the news director and
senior redactuur.
is it clear now for you?


Walaupun secara umum Istilah Newsanchor dan Newsreader dianggap sama (berbeda antara penalaran Anglo-Saxon dengan Kontinental), tapi ternyata, di Indonesia sering pula dijadikan semacam tingkatan.

Dari sumber di tvOne, diketahui bahwa para presenter yang masih muda di situ disebut sebagai “newsreader“, sementara presenter yang lebih senior baru disebut sebagai “newsanchor“.

Dan dalam beberapa kali pertemuan, bisa juga ditarik kesimpulan bahwa istilah Newscaster tidak dikenal di Indonesia. Akan tetapi, salah satu wartawan muda dari ANTV pernah menyinggung kata Newscaster untuk menyebut beberapa newsperson yang tergolong senior.

Diambil dari (http://id.wikipedia.org/wiki/Pembawa_berita)

Kritik

Suatu dogma umum di masyarakat mempersamakan antara “berita” dan “media berita” dengan “jurnalisme”, dan ini juga terbawa kepada para news anchors dan juga — yang mengasosiasikan tokoh media dengan jurnalis — serta menyisihkan para jurnalis atau wartawan media cetak. Dalam dunia media massa saat ini dan konsolidasi, news anchor cenderung dipandang masuk dunia infotainment dibanding masuk profesi jurnalisme. Namun ada juga ukuran yang menyatakan — sejumlah news anchor nasional di Amerika yang beperan sejak awal mula berita televisi umumnya memiliki latar belakang pengalaman di media cetak. Sejak itu, berita televisi berkembang menjadi suatu institusi terpandang, dan jurnalisme cetak dan televisi bisa dilihat sebagai saling mengisi dan melengkapi.

Perbedaan lain antara wartawan cetak dengan reporter atau penyiar berita televisi adalah kepribadian “manusiawi” atau human interest, yakni posisi selebriti yang biasa diarahkan oleh kepentingan pemasaran atau dasar demografi penonton untuk mendapatkan audience share. Biasanya penyiar berita atau anchor juga menjadi figur media dan sering dianggap sebagai selebriti. Stasiun televisi biasanya membutuhkan figur media ini untuk mempromosikan produk siaran seperti program (berita pagi, majalah berita televisi) dan juga promosi program lain disamping iklan. Kritikus memandang anchor menjadi titik lemah pemberitaan, karena terkadang mengurangi kredibilitas organisasi berita itu sendiri —jadi menggerus standar jurnalistik melalui peran bisnis mereka. (Lihat jurnalisme kuning.)

Iklan

6 pemikiran pada “Pengertian News Presenter

  1. Saya lebih suka pake newsanchor,.. lebih gimana gitu, bisa mengkait kapal seperti jangkar he.he.. eh pendampingnya juga dong dijepret, mas cameraman, dan mas sopirnya mereka khan
    berjasa juga menemani mbak mbak newsanchor, photo bareng aja mungkin bisa membuat mereka bahagia. 🙂

  2. Eh ya… pengertian hardnews ama softnews yang di PBK kayaknya kudu diangkat di sini juga deh, biar ngerti juga

  3. Ping balik: About News Presenter | SPREAD YOUR RED

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s