Interview With Janissary

Ok, saya post Interview With Janissary
Full version yang ada foto Om Janissary-nya bisa diliat di http://brownangels.blogspot.com/2009…janissary.html

Determinasi dan kerja keras Sir Alex Ferguson dalam membangun skuad Manchester United sejak tahun 1985 hingga kini menjadi salah satu tim terbaik dunia tampaknya mengilhami janissary untuk melakukan hal yang sama bagi Thread Penyiar Berita Kesayangan (PBK) dan Blog News Anchor Admirer (NAA). Peranan dan perjuangan janissary kini juga telah membawa Thread PBK dan Blog NAA menjadi media “Newsperson” terbesar di dunia maya.

Who’s actually janissary?
Janissary adalah salah satu administrator blog NAA dan Thread PBK. Pria yang memiliki nama asli Ucup ini berdomisili di Pekanbaru, dan bekerja di bidang Pelayanan Publik. Seperti yang telah disebutkan di atas, Sir Alex Ferguson telah menjadi tokoh yang sangat inspiratif bagi janissary, dan hal itu membuatnya menjadi pendukung setia Manchester United. Pengalamannya selaku pengamat dunia jurnalistik Indonesia sangat banyak, salah satunya adalah memotret Virgie Baker secara langsung.

Interview with janissary
Brown Angels (BA) : Apa sebenarnya arti nickname anda?
janissary (JS) : Janissary itu nama pasukan kesultanan Turki Ottoman. Kebetulan saya suka main game Age Of Empire. Saya suka pake Turki, dan kalau ditelusuri sejarah, Janissary adalah sekelompok elit pasukan yang tangguh di medan perang.

BA : Sejak kapan anda mulai tertarik mengamati para news person di Indonesia? Apa alasan anda?

JS : Mulai tertarik sejak nonton metro tv pertama kali sekitar 2003, karena mereka good looking dan cerdas. Jadi dulu sempat terbersit ingin punya pendamping seperti mbak-mbak yang bawa berita itu.

BA : Siapakah anchor/ newsperson favorit anda?
JS : Favorit saya Gadiza Fauzi. Pas pertama kali liat beliau, dibikin kesengsem. Beneran…imut banget mbak yang satu ini. Aura feminimnya keliatan, yang jelas gak bosen diliat. Beruntung banget dah suaminya.


BA : Mengapa anda kemudian memutuskan untuk membuat sebuah blog tentang para newscaster/ newsperson?

JS : Sebenarnya bukan saya yang bikin, tapi inisiatif rekan-rekan di PBK WG. Kebetulan saya termasuk senior yang gabung di thread itu, oleh karena itu saya ditunjuk jadi salah satu admin blog NAA.

BA : Apa acara berita favorit anda?
JS : Kalo yang umum saya demen ama redaksi pagi, berita yang disajikan enak dicerna apalagi kalo diselipin liputan wisata atau kuliner. Saya akui kalo trans corp piawai kalo menyajikan soft news, apalagi kalo pagi-pagi ada neng Rahma Hayuningdyah…semangat dah jadinya.
Kalo Olahraga saya suka Sport Center di ESPN. Jiwa olahraganya bener-bener muncul, jadi kalo mencerna beritanya seperti abis dari gelanggang arena. Belakangan beberapa sport news tanah air mencoba mengikuti konsep ESPN ini.

BA : Dalam satu hari, rata-rata berapa jam anda habiskan untuk menganalisa para newscaster dan newsperson, mulai dari capturing, posting, hingga blogging?
JS : Wah, gak tentu…karena saya punya kesibukan. Nonton tv jujur aja sangat jarang. Paling liat sekilas aja anchor yang bertugas.

BA : Adakah suka/ duka/ pengalaman menarik selama menjadi pengamat dunia jurnalistik Indonesia?
JS : Banyakan sukanya yah…terutama ketika thread kita dapat respon positif dari para newsperson yang browsing, trus kita jadi kenal ama beberapa newsperson…
pernah saya ketemu seorang reporter ketika dia bertugas disini, saya coba poto beliau secara candid dan ternyata beliau tahu dan nyeletuk…”mas kalo poto gak usah diem-diem..” wah..saya setelah itu bener-bener malu sendiri…hahaha..
Dukanya, pernah diremove dari friend fb dari seorang newsperson, soalnya pdkt-nya sksd…sok kenal sok dekat…hehehe…tapi itu pelajaran buat saya..karena dari situ saya jadi sangat menghargai kerja para newsperson.

BA : Adakah suka/ duka/ kesulitan/ pengalaman menarik selama menjadi admin blog NAA?
JS : Sukanya yah itu….kalo beberapa newsperson komen di postingan yang kita muat. Bangganya bener-bener tak terkira. Kesulitan mungkin ngepost-nya rada ribet kalo banyak gambar, untunglah bisa di akali. Dukanya apa yah..alhamdulillah belum ada…

BA : Metode apa yang anda lakukan untuk mengcapture gambar para newscaster/ newsperson? Ada tips/ pesan/ etika yang harus diperhatikan saat melakukan dan mempublikasikan capture-an tsb?
JS : Pake kamera HP, karena saya gak punya program capture di laptop…tapi sekarang jarang dilakukan karena tukang capture di forum dah banyak. Hehehe…tipsnya yah…sabar aja kalo capture pake hp. Etikanya simpel aja, hormati anchor ybs…itu juga termasuk pesan saya.

BA : Para jurnalis Indonesia oleh beberapa pihak dinilai kurang dewasa. Bagaimana tanggapan anda mengenai hal ini?
JS : Yah segala sesuatu perlu pembelajaran. Negeri kita kan baru aja mengalami kebebasan pers sejak reformasi, jadi maklumlah ada unsur kebablasan disana…dan proses itu bukannya sebentar…tapi butuh waktu lama. Kalo kita yakin bisa..pasti kita bisa…itu aja intinya.

BA : Beberapa waktu yang lalu ada pendapat yang kurang lebihnya berbunyi begini “Ngapain sih kalian (anggota thread PBK) hobi banget mengambil gambar dan mengamati para newsperson, padahal pada dasarnya mereka kan cuma karyawan biasa, bukan artis atau selebritis”. Bagaimana tanggapan anda menjawab opini ini?
JS : Hahaha…yah namanya juga kita hobi. Kalo disalurkan secara positif apa salahnya. Kita juga udah membuktikan kredibilitas thread PBK WG ini. Banyak newsperson yang memberikan apresiasi pada kami…
dan satu lagi…mereka kan tampil di televisi yang tentunya disaksikan seantero nusantara dan mungkin dunia penampilannya, tentunya peran kami disini jelas…memberikan poin-poin yang membangun. Itu juga demi kebaikan bersama.

BA : Pendapat anda mengenai para anchor di Indonesia secara general?
JS : Plusnya saya liat wawasan mereka sudah sangat luas rata-rata dan mereka sudah profesional. Jadinya 3B, Brain Beauty & Behaviour itu sudah ditunjukkan di depan layar kaca. Kalo minusnya, ada beberapa anchor yang terkesan lebay ekspresinya kalo baca berita…tapi yah itu berpulang ama masing-masing individu lah.

BA : Pendapat anda mengenai blog Brown Angels?

JS : Saingan nih ama NAA?? Hehehe….canda…tapi salut buat blog brown angels…semuanya orisinil postingannya. Kalo NAA kan cuma kumpulan postingannya. Senang bisa saling melengkapi ama blog ini.

“Semuanya berawal dari rasa percaya…kalau kita yakin apa yang kita lakukan itu benar…jalanilah….” (Quote of janissary, Thursday, April 2, 2009 11:07 AM)

Closer with janissary

BA : Siapa tokoh idola anda?
JS : Wah banyak….kalo musisi saya suka John Lennon. Karyanya brilian dan inspiratif. Kalo olahragawan saya suka Sir Alex Ferguson, liat bagaimana dia membangun kekuatan Manchester United. Tokoh Sejarah saya suka Jenderal Besar Soedirman. Rendah hati dan tegar dalam berjuang. Intinya saya suka mengambil hal positif dari setiap orang.

BA : Apa yang akan lakukan jika anda bertemu penyiar berita favorit anda di jalan?
JS : Hahaha…yah tegur aja…salaman…kalo foto-fotoan itu liat sikon lah..hahaha…


BA : Seberapa besarkah (dinyatakan dalam persen) kesediaan anda menikah dengan wanita yang berprofesi sebagai news anchor/ reporter?

JS : 80%…hehehe…

BA : Siapakah perempuan paling cantik di Indonesia saat ini?
JS : AURA KASIH…hehehe…

BA : Sebutkan satu benda yang menurut anda paling tepat menggambarkan diri anda?

JS : Batu Karang…tak lekang diterjang gelombang.

Janissary and Gadiza Fauzi

BA : Kapan pertama kali menyadari adanya seorang Gadiza Fauzi? Dan kapankah anda mulai tertarik dengan penampilannya?
JS : Tentunya pas pertama kali muncul di headline news….hehehe. Saat itu Mbak Gadiza masih malu-malu keliatannya di depan kamera, bener-bener gemesin.

BA : Mengapa anda menyukai sosok Gadiza Fauzi?
JS : Karena sisi feminimnya kelihatan banget. Gak salah deh kalo temen-temen menyebut mbak satu ini “ANCHOR SEJUTA UMAT”.

BA : Sejauh manakah GADIZA FAUZI memberikan inspirasi dalam hidup anda?
JS : Hahaha…palingan bertanya dalam hati..kapan yah dapat istri seperti Mbak Gadiza…hahaha.

BA : Harapan untuk Gadiza Fauzi?
JS : Semoga menjadi istri dan ibu yang baik. Sukses buat karir dan rumah tangga.

Itulah wawancara singkat dengan janissary. Jika anda ingin mengobrol seputar newsperson dengan janissary, bergabunglah dengan Thread Penyiar Berita Kesayangan, atau kunjungi Blog News Anchor Admirer.

Iklan

2 pemikiran pada “Interview With Janissary

  1. Ok…udah 2 dari 4 admin thread PBK…om Andrade menyusul…tinggal om Reds yang belum….gimana…mau ketemuan langsung buat interview, om Reds? Mumpung saya masih di Jogja….

  2. oke boleh aja. tp minggu depan yah, tempatnya terserah anda. Kalo mau kontak via hp ada di fb gw. Tahu fb gw kan? Tapi jgn sebut nama fb gw di sini yah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s