Jewel Of The Station: The Red Carpet

etelah akhirnya mendapatkan polling dari Thread Penyiar Berita Kesayangan, maka saat inilah “Red Carpet” bagi penganugerahan “Jewel of The Station” kepada Anchor terfavorit dari masing-masing TV News Station…

Dan inilah para pemenangnya…



Station I: TPI


Komentar saya mengenai primary di TPI ini adalah… tegang… Ini karena kandidatnya cuma 4, sehingga perolehan suara pun kejar-kejaran dengan amat seru dan menegangkan. Walaupun begitu, di saat-saat akhir, akhirnya satu suara pun menentukan pemenangnya…

And the jewel goes to…

SANDRA DEWI


Terlepas dari semuanya, Sandra Dewi berhasil memenangkan “wilayah tempur” paling sengit dari semua station yang ada di sini. Memang ada kemungkinan sih, Sandra Dewi menang gara-gara namanya sama dengan seorang selebritis… tapi hei, everyone deserve their own pick. So… selamat untuk Sandra Dewi…

5 Besar klasemen akhir

Sandra Dewi (13 vote)
Farradilla (12 vote)
Kenia Gusnaeni (10 vote)
Tri Ambarwatie (10 vote)

Station II: ASTRO Awani

Inilah channel berita yang mungkin paling jarang dilihat oleh para threadmember. Bahkan saya pun jujur tidak pernah sama sekali melihat ASTRO Awani. So, siapapun pemenang di sini bakal bergantung pada data dan statistik dalam thread.

And the jewel goes to…

FITRIANTI MEGANTARA

Pesona dan kharisma seorang Fitri Megantara semasa masih di TransTV sangat mungkin masih diingat oleh para threadmember, sehingga inilah faktor yang mengantarkan dia sebagai pemenang dalam station ini…

5 besar klasemen akhir

Fitri Megantara (12 vote)
Cindy Agustina (10 vote)
Pinky Andriani (9 vote)
Prima Genuita (8 vote)
Alia Karenina (4 vote)

Station III: Indosiar

Indosiar mungkin juga adalah sebagai station TV yang beritanya sangat jarang dilirik oleh para threadmember, namun di sini Indosiar memiliki beberapa anchor yang secara penampilan cukup menarik, sehingga distribusi vote di sini cukup merata dan cukup ketat pula.

And the jewel goes to…

NIKE KUSMARINI

Sebagai salah satu finalis dalam Indonesian Model I, nama Nike Kusmarini menjadi cukup terkenal di kalangan para threadmembers. Dan Nike pun telah membuktikan bahwa dia adalah anchor paling favorit di Indosiar, setidaknya menurut versi thread ini.

5 besar klasemen akhir

Nike Kusmarini (9 vote)
Bunga Harum Dani (8 vote)
Jenny Tan (7 vote)
Fella Sumendap (6 vote)
Rania Shamlan (5 vote)

Station IV: GlobalTV-MNC News

Sebagai station berita yang bergerak dalam “rel ganda” (gratis dan bayar), Global-MNC News memiliki talenta anchor yang cukup terkenal. Satu hal yang agak menarik dalam pemilihan di station ini adalah distribusi suaranya yang cukup sempit.

And the jewel goes to…

VIRGIANTY KUSUMAH

Dalam persaingan sebagai favorit, Virgianty Kusumah membuktikan bahwa dia masih lah yang terfavorit dari semua anchor di Global-MNC News. Kombinasi dari skill yang seimbang dalam hard-news/soft news, Virgianty memiliki sentuhan akhir yang khas dalam memoles soft news menjadi “something different”.

5 besar klasemen akhir

Virgianty Kusumah (13 vote)
Risca Indah (9 vote)
Vanessa Aesculapiana (8 vote)
Sutra Kharmelia (7 vote)
Bertha Sekunda (6 vote)

Station V: tvOne

Setelah mengalami “refurbish” menjadi station khusus untuk berita dan sport, maka tvOne pun berubah dengan mengambil beberapa newsperson jempolan untuk memperkuat skuad berita-nya. Dan pada akhirnya, “pemain-pemain baru” ini memang menyumbang kontribusi besar pada pemilihan kali ini.

And the jewel goes to…

RAHMA SARITA

Malang melintang di dunia newsanchor dan sempat menjadi ikon kuat dalam program pemberitaan MetroTV, Rahma Sarita menjadi sosok yang cukup dominan dalam pemilihan kali ini, kharisma-nya pun bahkan tak luntur meskipun dia sudah berpindah dari MetroTV ke tvOne. Melihat track record-nya yang cukup panjang, rasanya gelar “jewel” ini pantas dia terima.

5 besar klasemen akhir

Rahma Sarita (10 vote)
Grace Natalie (8 vote)
Indy Rachmawati (5 vote)
Ratna Dumila (5 vote)
Tina Talisa (5 vote)

Station VI: RCTI

Memasuki stasiun elite pertama, RCTI, sedikit terdapat fenomena status quo. Dengan tingkat distribusi hingga mencapai 92,31%, munculnya status quo ini jelas merupakan sesuatu yang agak tidak biasa. Bagaimanapun, sama seperti tvOne, masuknya pemain-pemain baru memberikan beberapa andil dalam penilaian.

And the jewel goes to…

ISYANA BAGOES-OKA

Mantan “anchor kuat” di TV7, Isyana Bagoes Oka setidaknya menunjukkan bahwa dia bisa menjadi anchor terfavorit dimanapun dia berada. Proses kejar-mengejar suara antara dia dengan Chantal della Concetta betul-betul luar biasa dan tak ada bandingannya di manapun pula, pun dengan dominasi kedua anchor ini dalam proses primary.

5 besar klasemen akhir

Isyana Bagoes Oka (15 vote)
Chantal della Concetta (12 vote)
Ira Syarif (6 vote)
Chandra Sugarda-Nazir (4 vote)
Cheryl Tanzil (4 vote)

Station VII: TransTV

Dengan memiliki 10 anchor, TransTV terbukti menghasilkan pengambilan keputusan yang cukup susah. Bagaimanapun juga, pada station berita yang amat didominasi oleh reporter lapangan ini, para anchor pun mengembangkan cara mereka tersendiri yang menjadi daya tarik eksotis di TransTV.

And the jewel goes to…

WORO WINDRATI

Woro Windrati tergolong sebagai slow-starter, karena pada tahap-tahap awal primary, Woro belum mendapatkan suara yang signifikan. Namun, seperti halnya Barrack Obama, begitu Woro mendapatkan momentum, maka ia pun melaju sebagai pemenang anchor terfavorit di TransTV. Memang Woro merupakan penerus yang tepat sebagai “jewel” di TransTV setelah kepergian Githa Nafeeza.

5 besar klasemen akhir

Woro Windrati (12 vote)
Daisy Weku (10 vote)
Shara Aryo (10 vote)
Suci Lie (7 vote)
Adita Nanda (4 vote)
Novieta Putri (4 vote)

Station VIII: Trans|7

Muncul dianggap sebagai bayang-bayang dari TransTV, maka Trans|7, dengan mengembangkan mahzab pemberitaan klasik, menggariskan citranya sendiri dalam dunia pemberitaan televisi di tanah air. Bagaimanapun, perpaduan antara mazhab klasik dengan mazhab kontemporer a la TransTV menghasilkan sebuah kombinasi yang unik dan tiada duanya.

And the jewel goes to…

LOLO SIREGAR

Selalu memuncaki klasemen semenjak awal-awal primary, Lolo Siregar memang pantas untuk menempati tempat tersebut. Kombinasi kharisma, skill, dan pesona, membuat Lolo Siregar menjadi anchor yang paling menonjol di dalam jajaran anchor Trans|7.

5 besar klasemen akhir

Lolo Siregar (12 vote)
Anky Prita (9 vote)
Anggita Suryo (5 vote)
Nina Melinda (5 vote)
Zweta Manggarani (5 vote)

Station IX: ANTV


ANTV merupakan satu-satunya station elite yang mendapatkan distribusi vote 100%. Bagaimanapun, seperti halnya di RCTI, di sini pun muncul “status quo” yang berupa fenomena triumvirat. Meskipun agak kalah jika dibandingkan dengan Metro, RCTI, SCTV, atau TransTV, tapi munculnya triumvirat ini menunjukkan bahwa ANTV memiliki anchor yang cukup disegani.

And the jewel goes to…

TENGKU FIOLA


Tegang semenjak awal, Tengku Fiola bersaing dengan amat ketat dengan Fessy Alwi dan Rahma Alia, namun akhirnya menang dengan hanya selisih satu poin saja dari saingan terdekatnya, Fessy Alwi. Selepas kehilangan Grace Natalie, Indy Rachmawatie, dan Tyas Nugraheni, rasanya komando ANTV layak untuk diberikan kepada anchor yang juga multitalenta ini.

5 besar klasemen akhir

Tengku Fiola (15 vote)
Fessy Alwi (14 vote)
Rahma Alia (10 vote)
Fitri Ekawati (6 poin)
Ariana Herawaty (4 poin)

Station X: SCTV

Pemilihan primary di SCTV cukup alot, karena masing-masing memiliki distribusi suara yang hampir sama. Sebagai station yang (dianggap) memiliki program berita terbaik, perataan distribusi ini cukuplah wajar, sekaligus menunjukkan bahwa “orang hebat” di SCTV tidak hanya satu atau dua orang.

And the jewel goes to…

RIKE AMRU

Sama seperti Woro Windrati di TransTV, Rike Amru juga memulai tahapan awal primary dengan cukup lambat dan insignifikan. Kharisma Rike Amru memang amat mumpuni sebagai “jewel” di SCTV, dan meratanya distribusi juga cukup memberi andil dalam kemenangannya kali ini.

5 besar klasemen akhir

Rike Amru (13 vote)
Nova Rini (9 vote)
Sella Wangkar (6 vote)
Dwi Anggia (4 vote)
Nastiti Lestari (4 vote)
Sondang Sirait (4 vote)

Station XI: MetroTV

And now, the momment we’ve all been waiting for. Sebagai station TV berita pertama dan terbesar di Indonesia, jelas Metro memiliki kombinasi kedalaman skuad anchor baik secara kuantitas maupun kualitas yang tidak dimiliki oleh station TV lain. Banyaknya pilihan juga membuat distribusi suara di MetroTV cukup merata, sehingga semua kandidat harus berjuang mati-matian untuk bisa menang. Ini terbukti bahwa beberapa anchor sempat bergantian menduduki posisi teratas selama proses primary berlangsung.

And the jewel goes to…

EVA JULIANTI

Lama pernah menjadi ikon di SCTV, Eva Julianti pun terbukti masih cukup kuat jika dibandingkan dengan pemain “home-grown” terbaik Metro sekalipun. Kemenangan Eva juga merupakan hal yang mengejutkan, karena semenjak dari awal-awal primary, memang tak ada yang menduga bahwa Eva akan berhasil mengumpulkan jumlah vote yang ia perlukan untuk menjadi “jewel” di TV news station pertama dan terbesar ini.

5 besar klasemen akhir


Eva Julianti (7 vote)

Gadiza Fauzi (6 vote)
Frida Lidwina (4 vote)
Lucia Saharui (4 vote)
Meutya Hafid (4 vote)
Najwa Shihab (4 vote)
Wianda Pusponegoro (4 vote)

Iklan

14 pemikiran pada “Jewel Of The Station: The Red Carpet

  1. Lolo siregar selalu menjadi favorite dari dulu sampai sekarang… she is so amaze me.. luv u lolo…

  2. Hey. I was thinking about adding a backlink back to your website since both of our sites
    are centered around the same topic. Would you prefer I link to you using your site address: http://newsanchoradmirer.

    wordpress.com/2008/05/07/jewel-of-the-station-the-red-carpet/ or website title: Jewel Of The Station: The Red Carpet
    Blog Komunitas Fans News Person. Please make sure to let me know at your earliest convenience.
    Thankyou

  3. Ping balik: FITRIANTI MEGANTARA | alfacentury77

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s