Catatan dari Jewel of The Station

Catatan dari Jewel of The Station

Statistik dan Teknik Penilaian

Pemilihan Jewel of The Station, atau sering disingkat dengan nama JoTS, melibatkan 17 threadvoter, yang terdiri dari 12 orang anggota BC dan 5 threadmembers umum. Dengan sistem “one man three vote”, maka total ada 51 vote yang diperebutkan dalam primary tingkat station.

Sementara, total jumlah kandidat yang ikut dalam primary adalah 125 anchor dari 11 station TV di Indonesia. Jumlah kandidat terbanyak dimiliki oleh Metro dengan 20 kandidat, dan jumlah kandidat tersedikit dimiliki oleh TPI yang hanya diwakili oleh 4 kandidat.

Sistem “one man three vote” dipakai untuk menghindari kefanatikan pada satu anchor, sekaligus mengurangi “voting bias” yang disebabkan oleh sistem Anchormate/Sidemate bagi tiap-tiap anggota BC.

Setiap voter memilih 3 kandidat per station tanpa perbedaan bobot rank, dan semua station harus dipilih. Pilihan secara random diperbolehkan, karena semua kandidat anchor yang ikut dalam primary sudah pernah ada di WebGaul. Dengan kriteria favorit, maka tidak diharuskan memilih berdasarkan pertimbangan tertentu kecuali selera pribadi saja.

**Note: Permintaan maaf ditujukan kepada BioMatic, akibat vote terakhirnya tidak dihitung. Namun bagaimanapun juga, terkait dengan deadline, maka vote apapun yang masuk harus segera dihitung. Kebetulan pada bagian station di mana BioMatic belum memberikan vote, sudah diketahui siapa pemenangnya, sehingga pilihan BioMatic tidak akan berpengaruh pada apapun hasil akhir primary di kaukus tersebut.

Voting diberikan dengan cara mengirimkan PM kepada Threadkeeper. Cara ini sengaja dipilih supaya tidak ada manipulasi pemenangan terhadap kandidat tertentu, sekaligus bias yang terjadi akibat pemaparan “daftar klasemen sementara”.

Dari 125 nama kandidat anchor, tercatat ada 104 kandidat yang mendapatkan vote dalam primary. Ini berarti distribusi vote dari para threadvoters terhadap kandidat anchor mencapai lebih kurang 84%, atau berarti semua threadmembers mengetahui minimal 84 orang dari 100 orang anchor di Indonesia. Station yang mendapatkan distribusi vote tertinggi adalah ANTV, TPI, dan ASTRO Awani yaitu dengan distribusi 100% (semua kandidat dalam kaukus tersebut mendapatkan minimal satu suara), sementara distribusi terendah adalah pada Global-MNC News dengan 50% suara.

Proses Primary dan Hasil Tingkat Interstate

Secara total (termasuk menghitung suara potensial), ada 561 suara yang diperebutkan oleh seluruh kaukus (51 per kaukus). Menggunakan metode ini, maka vote maksimal yang bisa didapatkan oleh seorang kandidat dalam satu kaukus adalah 17 suara. Kecuali di station Indosiar dan MetroTV, semua pemenang dalam primary per kaukus rata-rata memperoleh lebih dari 10 suara. Pada klasemen primary tingkat interstate, Tengku Fiola (ANTV) dan Isyana Bagoes Oka (RCTI) memimpin klasemen interstate dengan masing-masing 15 vote. Berikut adalah klasemen kandidat dalam primary pada tingkat interstate (hanya mereka yang mendapat vote saja):

15 vote:

9-Tengku Fiola (ANTV)
9-Isyana Bagoes Oka (RCTI)

14 vote:
10-Fessy Alwi (ANTV)

13 vote:
6-Rike Amru (SCTV)
10-Virgianty Kusumah (Global-MNC News)
2.Sandra Dewi (TPI)

12 vote:
6-Lolo Siregar (Trans|7)
10-Woro Windrati (TransTV)
10-Chantal della Concetta (RCTI)
3.Fitri Megantara (ASTRO)
4.Farradilla (TPI)

10 vote:
8-Rahma Alia (ANTV)
3-Shara Aryo (TransTV)
8-Daisy Weku (TransTV)
6-Rahma Sarita (tvOne)
2.Cindy Agustina (ASTRO)
1.Tri Ambarwatie (TPI)
3.Kenia Gusnaeni(TPI)

9 vote:
8-Nova Rini (SCTV)
18-Anky Prita (Trans|7)
8-Risca Indah (Global-MNC News)
2. Nike Kusmarini (Indosiar)
4.Pinky Andriani (ASTRO)

8 vote:
7-Grace Natalie (tvOne)
7-Vannesa Aesculapiana (GlobalMNC News)
3. Bunga Harum Dani (Indosiar)
5.Prima Genuita (ASTRO)

7 vote:
6-Eva Julianti (MetroTV)
9-Suci Lie (TransTV)
3-Sutra Kharmelia (Global MNC-News)
1. Jenny Tan (Indosiar)

6 vote:
4-Gadiza Fauzi (MetroTV)
10-Sella Wangkar (SCTV)
7-Fitri Ekawati (ANTV)
19-Ira Syarif (RCTI)
4-Bertha Sekunda (Global-MNC News)
4. Fella Sumendap (Indosiar)

5 vote:
1-Nina Melinda (Trans|7)
9-Anggita Suryo (Trans|7)
10-Zweta Manggarani (Trans|7)
3-Indy Rachmawati (tvOne)
9-Ratna Dumila (tvOne)
11-Tina Talisa (tvOne)
7. Rania Shamlan (Indosiar)

4 vote:
7-Frida Lidwina (MetroTV)
9-Meutya Hafid (MetroTV)
10-Najwa Shihab* (MetroTV)
15-Wianda Pusponegoro (MetroTV)
19-Lucia Saharui (MetroTV)
3-Nastiti Lestari (SCTV)
5-Dwi Anggia (SCTV)
7-Sondang Sirait (SCTV)
4-Ariana Herawaty (ANTV)
2-Lely Hermawan (Trans|7)
3-Hadijah Al-Jufri (Trans|7)
11-Adita Nanda (TransTV)
19-Novieta Putri (TransTV)
3-Chandra Sugarda-Nazir (RCTI)
12-Cheryl Tanzil (RCTI)
4-Nane Nindya (tvOne)
5. Claudia Yuniar (Indosiar)
8. Ziza Hamzah (Indosiar)
1.Alia Karenina (Indosiar)


3 vote:

2-Zelda Savitri (MetroTV)
8-Prita Laura (MetroTV)
18-Elvita Khairani (MetroTV)
2-Ajeng Kamaratih (SCTV)
9-Anastasya Putri (SCTV)
19-Gadis Parengkuan (SCTV)
4-Mira Khairunnisa (Trans|7)
11-Ratna Budi Hapsari (Trans|7)
19-Lusiana Putri (Global-MNC News)

2 vote:
1-Amelia Ardan (MetroTV)
3-Kania Sutisnawinata (MetroTV)
14-Fifi Aleyda Yahya (MetroTV)
23-TASCHA LIUDMILA (MetroTV)
1-Lisa Namuri Arif (TransTV)
4-Olla Sudrajat (RCTI)
6-Ria Yusnita (RCTI)
8-Joice Triatman (tvOne)
10-Yenny Yusra (tvOne)
13-Stanii Pertiwi (tvOne)
14-Elvira Khairunisa (tvOne)
12-Pia Pramarani (Global-MNC News)
9. Arni Gusmiarni (Indosiar)
6.Emma Fitria (ASTRO)

1 vote:
5-Virgie Baker (MetroTV)
4-Juanita Wiratmaja (SCTV)
1-Melati “Tita” Suryaningtyas (ANTV)
6-Paula Kalalo (ANTV)
13-Gita Purnama Dewi (Trans|7)
2-Utrich Farzah (TransTV)
12-Kaze Pury (TransTV)
1-Catharina Davy (RCTI)
2-Dentamira Kusuma (RCTI)
7-Ledy Simarmata (RCTI)
11-Inne Sudjono (RCTI)
1-Veronica Moniaga (tvOne)
2-Paramitha Soemantri (tvOne)
5-Shinta Puspitasari (tvOne)
8-Hentty Kartika (tvOne)
16-Fenny Anastasia (tvOne)

Karena masing-masing vote hanya ditujukan per kaukus, maka sebenarnya buat hasil primary di kaukus tidak valid jika ditandingkan langsung di Interstate. Secara, keadan di kaukus MetroTV misalnya, kan jelas beda ama keadaan di kaukus ANTV. Selain adanya perbedaan jumlah kandidat per kaukus yang dipilih, juga yang paling penting adalah masing-masing pun memiliki kedalaman skuad yang berbeda pula. Oleh karena itu distribusi vote untuk primary di ANTV dan MetroTV tidak bisa disamakan.

Klasemen hasil yang dihitung secara interstate hanya ditunjukkan sebagai perbandingan, bagaimana sebenarnya apabila total 561 suara yang telah diberikan lalu dikombinasikan, tanpa memandang situasi primary di masing-masing kaukus. Dan dalam hal ini, kandidat anchor yang berada pada kaukus dengan distribusi vote yang tidak merata (misal di ANTV dan RCTI) memiliki keuntungan untuk menjadi delegates dengan suara terbanyak pada tingkat interstate (sekali lagi mengabaikan fakta bahwa distribusi suara dan kedalaman skuad di tiap-tiap kaukus berbeda).

Hasil yang sebenarnya dan yang valid justru adalah hasil primary untuk tiap-tiap kaukus di mana masing-masing kandidat Anchor adalah dipilih sebagai yang terbaik dalam kaukus-nya… Mengenai hasil ini, silakan di-refer pada halaman 602 dan 603 di Thread ini untuk melihat siapa-siapa saja kandidat dan delegates yang menang di tiap-tiap kaukus untuk menjadi “Jewel of The Station” di tiap-tiap Kaukus-nya masing-masing…

@ All…

Oh ya, siap-siap yah, buat pemilihan Jewel of The Station: Secondary.
Buat Secondary ini, nanti sistem-nya, Insya Allah, moga-moga saja bisa pake “one man one vote“.

Kalau ada usulan buat Secondary ini, silakan di-floor-kan…

Btw… agak bingung yah, ama istilah2 di atas?
Rajin-rajin lihat MetroTV yah… terutama US Election…

Iklan

5 pemikiran pada “Catatan dari Jewel of The Station

  1. ah gak pernah liat tv,lagi sakitnih aku yg gila dan penakut gara gara salah minum obat eh ngomong omong penyiar berita tambah cantik dan tampan aza hayo hapus ya tulisanku ini maaf kalau tulisanku tampil buat ngilangin stres soalnya,udah ku temuin obat baru ya di sini tulis sembarangan gak dosa soalnya udah pamit minta izin tulisan yg ga karuan aku kemarin terakhir liat tv di trns7 soal pembunuhan berantai,hi ngeriah ngumper dulu aj

  2. ceritain disini aj lah masalahku biyar plong, lagi bingungnih mau terusin kuliah di bsi aj atau di amn cilacap,aku cocoknya sih di amn aj tapi to keluargaku semuanya dukung di bsi aduh bingungnih ketambahan aku lagi sakit segala ah parah banget nih posisiku eh coba ada teman yg mikirin aku pasti kondisiku ga spt ini, aduh sampai mimpi ketemu kekasih yg tak dianggap ah capek deh kaya film kera sakti kalau mikirin cewek pokoknya masalah cewek deritanya tiada akhir,ra sakti wae lah cari ilmu sampai ujung dunia

  3. ungkapin aj lah disini aku lagi pengen teman wanita yg memberi nasehat kepadaku kaya kakak kandungku ariyani dan aminarsih tapi keberadaan mereka jauh si aminarsih di jkt si ariyani di tangerang banten,mau daftar jadi intelejend tingginya kurang tulisan yg tak pantas di hapus aj ya aku rajin nulis biyar kalian yg rajin hapusin tulisanku nih terima kash buat yg hapus tulisan tak berkepentingan ini

  4. ok deh kali ini aku biarkan. Tulisan yang aku hapus kalo ada kata2 yang nggak pantas untuk para news person. Jadi tolong jangan ada kata2 kurang sopan yah. Kalo cuma love, sayang atau sejenisnya masih aku tolerir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s