“Rome was not build in one day”(perjuangan dari Brethren Court)

Terinspirasi idiom “Rome was not build in one day” yang juga merupakan Epigram karya John Heywood. Yang pengertiannya bisa di dilihat di link ini. Saya jadi tertarik membuat tulisan kesan-kesan selama ada di thread ini berkaitan dengan para anchor dan juga brethren court. Seperti kita ketahui, thread ini pertama kali berdiri pada tanggal 17 Oktober 2003. Namun pada awalnya hanyalah sebuah thread biasa yang tidak terlalu menarik banyak orang untuk bergabung. Padahal mungkin saat itu sudah banyak orang-orang yang tertarik untuk melihat acara berita di televisi dan menyukai anchor-nya. Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang menyukai seorang anchor, pertama karena kecerdasan-nya, kedua karena penampilan di TV yang sangat bagus dan enak ditonton, kemudian ada juga yang murni karena fisik yaitu menyukai anchor yang cantik atau tampan.Dalam perkembangannya semakin banyak penggemar anchor karena beberapa alasan yang saya kemukakan di atas, akibatnya banyak juga orang yang mulai browsing internet untuk mencari info tentang anchor kesayangannya. Dan sebagian dari mereka jatuh ke thread ini dan akhirnya ikut bergabung di thread ini. Walau saya pribadi bergabung di bukan hanya karena thread ini. Sebab walaupun sejak dulu suka nonton berita dan ngefans dengan beberapa anchor, tetapi daftar ke memang karena iseng-iseng aja awalnya. Ternyata ada thread ini di . Jadi mulailah ikut-ikutan posting walau nggak terlalu aktif awalnya.Berikut kutipan post saya yang pertama di thread ini dengan id Reds & Black.
(karena sebenarnya saya juga punya alter ego di sini dulu, jadi bukan post pertama saya secara pribadi )

Quote:

Originally Posted by Reds & Black View Post
Virgianty Kusumah yang di global tv cakep juga menurutku terus sama Lely Hermawan tv7.Di sini kayaknya yang banyak dibahas anchor metro tv aja.
Terlihat bahwa saya sejak awal juga sudah ingin membuat keseimbangan thread ini supaya tidak hanya berkutat pada satu TV saja dulu. Walau pada awalnya juga banyak terjebak pada diskusi mengenai anchor Metro TV. Baru semenjak Andrade_Silva melancarkan gerakan untuk menyeimbangkan bahasan Metro dan Non Metro, saya lebih banyak bergerak di Non Metro. Sebab kalau Metro TV pasti sudah banyak yang bergerak untuk mencari infonya.Nah sejak awal berdirinya sampai beberapa waktu yang lalu diskusi di thread ini sangat kondusif. Hampir setiap yang ada di forum ini turut serta aktif dalam dalam diskusi di sini. Bahkan tidak sedikit yang dengan segala daya upaya yang dimilikinya untuk mencari informasi tentang news anchor favoritnya. Tidak ada yang cuma protes atau komentar yang nggak enak dibaca. Hampir semua user yang ada di thread ini ikut aktif dalam pemburuan info dan foto para anchor yang bisa dikatakan sangat sulit dicari saat itu. Kalaupun ada user yang pasif, mereka tidak ada yang mengeluh atau cuma protes aja, kalaupun ada bahasanya masih sopan. Sebab mereka sadar bahwa info itu sulit didapat. Tidak seperti sekarang di mana berbagai info dan gambar dari sang news anchor favorit sudah tersedia di sini. Perjuangan untuk membangun thread ini sampai bisa seperti sekarang tidak lepas dari kumpulan orang-orang yang dinamakan The Brethren Court oleh Andrade_Silva.Bukan bermaksud sombong, tapi untuk diketahui oleh semua yang membaca thread ini. Perjuangan the Brethren Court dalam membangun thread ini bisa dikatakan luar biasa. Sudah banyak pengorbanan yang disumbangkan oleh para anggotanya(walau dulu belum ada istiah Brethren Court). Entah berapa uang yang sudah digunakan untuk browsing buat sekedar melakukan pemburuan info dan foto dari news anchor. Belum yang digunakan untuk membeli peralatan perburuan seperti TV Tuner. Kemudian waktu dan energi yang digunakan untuk perburuan lapangan bagi para Fotografer seperti Aschu, Fabeilo, dan Neng Almost.Khusus untuk perburuan lewat browsing ada metode khusus yang sulit diterangkan dan mungkin hanya digunakan oleh Brethren Court yang jelas bukan googling atau menggunakan search emgine lannya. Maaf setahu saya cuma Andrade_Silva, Janissary dan saya yang mungkin menggunakan jenis pesawat Ju-88 ini. Kalo ada yang lain dan belum saya sebut, saya mohon maaf. Dari ju-88 ini banyak lho info dan foto yang didapat.Kemudian ada juga pemburuan capture di TV dengan TV Tuner(Fw-190) dan kamera eksternal( Bf-109). Hal ini juga butuh pengorbanan, apalagi kalau perburuan malam hari. Di mana sang pemburu harus melawan rasa kantuk dan capeknya hanya untuk mempersembahkan capture dari news anchor. Perlu diketahui juga dibutuhkan teknik yang tinggi untuk menghasilkan gambar terbaik dengan Bf-109. Pernah saya terangkan di beberapa halaman sebelum ini. Yang cuma protes kualitas belum tentu bisa berkarya lebih bagus. Untuk Fw-190 juga nggak seratus persen mudah, karena ada faktor eksternal seperti mencari posisi antena yang pas, terkadang sambil berburu juga harus memegangi antena untuk menjaga posisinya.

Oya sedikit itu dulu yang bisa saya tulis tentang perjuangan Brethren Court, yang boleh dikatakan tidak hebat, karena kami hanya manusia biasa. Boleh juga dikatakan otoriter karena sewenang-wenang. Tapi setidaknya kami sudah memberi bukti hasil perjuangan dan pengorbanan kami. Bukan sekedar omong kosong belaka. Sebab kami punya prinsip lebih baik beraksi dari pada sekedar basa-basi. Jadi idiom “Rome was not build in one day” menurut saya sangat cocok untuk menggambarkan perjuangan membangun thread, yang saat ini mungkin yang terlengkap untuk urusan anchor dibanding forum sejenis di tempat lain. Dari mulai sebaran anchor dan stasiun TV yang dibahas.

Ok sedikit menyinggung anchormate, perlu diketahui hal itu hanya main-main dan mungkin bisa dikatakan iseng saja. Setahu saya, separah-parahnya anggota Brethren Court selama ini, hanya di forum saja. Hanya bentuk rasa suka pada anchor tersebut. Tidak ada yang sampai memaksakan kehendak kepada seorang anchor secara berlebihan. Jadi kalau mungkin ada posting yang agak gila di sini itu hanya sekedar iseng-iseng saja dan hanya ada di dunia maya saja.

Demikian sedikit pernyataan saya yang saya ungkapkan atas nama pribadi bukan atas nama The Brethren Court. Sebenarnya saya sudah berusaha menahan diri, namun karena sepertinya sudah sampai tingkatan parah dan merusak suasana kondusif, akhirnya saya harus angkat bicara. Maaf jika ada yang tersinggung, atau jika kami terlalu narsis. Untuk Modie Speed, mohon maaf kalau posting saya ini dikategorikan OT.

Posted by Reds & Black

Tinggalkan Balasan

