News-reader, News-caster, ama News-anchor?

FUN FACT

Adakah sekalian yang tahu apa bedanya News-reader, News-caster, ama News-anchor?

Jawaban:

News-reader, yaitu orang yang melulu ngebacain news, jadi news-nya udah ada text-nya, udah disusun, n tu orang cuman tinggal baca thok, nggak ngasi tambahan apa-apa lagi.
Contoh: para presenter MetroTV kita di News Flash, trus juga yang pas di Headline News, dengan catatan lagi nggak minta live-coverage dari reporter atau kontributor lapangan.

News-caster, yaitu orang yang dia itu selain mbacain berita, juga ikut aktif dalam nyari berita. Ibarat kata, dia nyari berita sendiri, disusun sendiri, di-edit sendiri, trus dipresentasikan sendiri.
Contoh: di Indonesia kayaknya nggak ada deh yang bener2 100% news-caster, tapi kalau mau cari yang mendekati ya kayak Prita Laura atau Gadiza Fauzi pas ngebawain Archipelago (catatan: itu asal mereka pas sebagai script-writer juga, lho). Eh…tunggu, ada ding. Dulu pas Gempa Jogja reporter ANTV Tengku Fiola jadi ujung tombak pemberitaan di Topik Malam, n dia jadi News-caster dadakan menggantikan Valerina Daniel (posisi news-reader), soalnya Ola saat itu memang ada di Jogja.

News-anchor, yaitu orang yang membaca berita, tapi dalam kegiatannya itu dia juga memberikan improvisasi atau comment pada berita yang dibacakannya, selain itu dia juga menghandle live-interview, atau ikut serta memberikan pelaporan langsung pada saat berita tersebut. News-anchor juga kadang-kadang ikut dalam perumusan script supaya script bisa disesuaikan dengan style-nya dia.
Contoh: Yang paling jelas sih ya Dalton Tanonaka ama Kania Sutisnawinata di Indonesia Now trus juga Randy Salim di Indonesia This Morning. Bayu Sutiono ama Nova Rini di Liputan 6 Pagi juga bisa dikategorikan seperti ini.

Rata-rata siaran berita utama di MetroTV menggunakan sistem anchor, sementara di station lain, didominasi ama sistem reader. Hanya saja, sampai saat ini jarang deh ketiga sistem di atas diterapkan secara 100%.

Semoga bisa berguna…
(courtesy of Wikipedia)

by Andrade_Silva

03-05-2007, 09:45

Tambahan

Konsep news caster saat ini sebenarnya diterapkan oleh program Redaksi di Trans|7. Hal ini dibuktikan dengan keterangan yang ada pada profil presenter mereka yang terdapat di web Trans|7.

Edited by Reds19

Iklan

3 pemikiran pada “News-reader, News-caster, ama News-anchor?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s