Hasil Primary Jewel Of The Station 2009

Posted by: Andrade Silva

Setelah pemilihan Primary Jewel of The Station 2009 selesai, inilah hasil dari masing-masing Kaukus sekaligus penentuan siapa yang berhak untuk maju ke tingkat National Convention.Data dan Fakta

Jumlah Pemilih: 26 voters
Total Suara: 780 votes
Rataan distribusi per-station: 0,63
Rataan distribusi per-anchor: 2,18
Total kandidat: 119 anchors
Rataan distribusi total: 89,08% atau 106 anchor mendapatkan vote

Keterangan

Supervote dan First Order

Supervote adalah suara yang diberikan oleh anggota BC (15 orang). Bobot nilai dari supervote ini adalah sama seperti vote dari voter non-BC. Hanya saja, dalam keadaan dua kandidat memiliki vote overall kembar, maka mereka yang meraih supervote paling banyak yang akan menang. Jadi supervote hanya berlaku dalam keadaan nilai kembar, dan tidak mempengaruhi jumlah suara secara overall.

Apabila dua kandidat memiliki nilai vote serta supervote yang sama, maka penentuan pemenang dilakukan atas “First Order“, yaitu kandidat yang paling banyak dipilih pada posisi pertama yang akan menang. Namun, “First Order” baru berlaku apabila nilai kembar tersebut terjadi pada penentuan pemenang Primary tiap Kaukus. Apabila nilai kembar terjadi bukan pada penentuan pemenang Primary, maka dua nama tersebut akan ditulis bersamaan.

Overachiever, Underperformer, dan Rookie

Overachiever adalah mereka yang perolehan vote-nya tahun ini lebih baik daripada perolehan vote-nya pada tahun lalu. Sementara Underperformer adalah mereka yang perolehan vote-nya tahun ini lebih buruk daripada tahun lalu. Baik overachiever maupun underperformer hanya berlaku untuk kandidat lama. Mereka yang vote-nya sama dengan tahun lalu (selisih vote sama dengan nol) tidak bisa digolongkan sebagai underperformer.

Dalam penentuan Best Overachiever, apabila dua kandidat memiliki jumlah selisih poin yang sama, maka yang perolehan suaranya pada tahun lalu lebih kecil yang akan menang. Ini karena diasumsikan mereka memperoleh peningkatan yang lebih signifikan. Sementara itu untuk Worst Underperformer, yang berlaku adalah sebaliknya, yaitu bahwa apabila selisih poinnya sama, yang mendapatkan vote tahun lalu lebih banyak akan ditempatkan paling akhir, karena diasumsikan perolehan suara mereka terlalu jauh menurun.

Rookie adalah kandidat yang baru tahun ini mengikuti JoTS karena satu dan lain hal. Rookie tidak bisa disamakan dengan overachiever karena tahun lalu mereka BELUM memiliki vote (untuk dibedakan dengan kandidat yang tahun lalu memiliki vote nol alias tidak dipilih). Penentuan rookie terbaik mengikuti mekanisme Supervote, namun tidak memakai First Order. Jadi apabila ada dua rookie dalam satu station yang memiliki nilai sama, maka dua-duanya akan ditulis sebagai pemegang Rookie of The Station. Dalam penentuan Rookie of The Year (Interstate) maka yang dipakai sebagai acuan hanyalah besar koefisien overall, dan tidak ada penambahan nilai untuk keberhasilan menduduki peringkat 1, 2, 3 dst dan/atau lolos ke Convention karenanya. Anchor yang tahun lalu mengikuti JoTS di kaukus yang berbeda (misal seperti Fessy Alwi) tidak bisa digolongkan baik sebagai overachiever/underperformer maupun rookie, jadi data mereka di-reset dan mulai dari kosong (bukan nol).

Dan inilah, hasil dari Primary selengkapnya…

CAUCUS I: METROTV
Populasi: 22 kandidat


Tahun ini Primary di kaukus MetroTV mengalami beberapa perubahan, antara lain sudah tidak diikutsertakannya beberapa anchor senior seperti Wianda Pusponegoro, Fifi Aleyda Yahya, dan Amelia Ardan, serta munculnya beberapa anchor baru seperti Fessy Alwi, Andini Effendi, dan Nina Melinda. Kaukus ini juga menunjukkan peningkatan distribusi suara yang cukup bagus, yaitu dari 75,00% tahun lalu menjadi 81,82%. Suara yang diperoleh oleh para kandidat home-grown pun meningkat cukup baik, namun dengan begitu banyaknya foreigner, akankah peningkatan ini cukup untuk membawa kandidat home-grown berjaya?

And The Jewel Goes To……

FRIDA LIDWINA
( 14,10% vote – 4 Supervote )


Primary di Kaukus ini menunjukkan langkah dari seorang Lucia Saharui yang secara mengejutkan mengalahkan beberapa anchor senior termasuk Eva Julianti, runner-up Election tahun lalu. Namun, Frida Lidwina menunjukkan bahwa pesonanya masih belum luntur setelah tahun lalu tidak mendapatkan suara yang signifikan. Terlepas dari segala rivalitas, naiknya Frida Lidwina dan Lucia Saharui menunjukkan telah dimulainya sebuah era baru di MetroTV.Klasemen 5 besar

Frida Lidwina (14,10% – 4 SV)
Lucia Saharui (12,82% – 5 SV)
Eva Julianti (7,69% – 5 SV)
Fessy Alwi (7,69% – 4 SV)
Nina Melinda (7,69% -4 SV)
Zelda Savitri (7,69% – 4 SV)

Best Overachiever of The Station: Frida Lidwina (+7)
Worst Underperformer of The Station: Eva Julianti (-1 from 7)
Rookie of The Station: Aviani Malik (5,13% – 2 SV)

CAUCUS II: TVONE
Populasi: 28 kandidat

tvOne muncul sebagai Kaukus dengan jumlah kandidat terbanyak tahun ini. Akibat dari peningkatan jumlah kandidat, maka distribusi suaranya pun cenderung kurang merata apabial dibandingkan dengan station lain, yaitu hanya 71,43% bahkan juga lebih rendah daripada tahun lalu yang bisa mencapai 87,50%. Satu hal positif adalah banyaknya pendatang baru di tvOne, yaitu sebanyak 12 orang atau sekitar 40% dari seluruh pendatang baru di JoTS 2009. Apakah perubahan statistik ini akan memberikan angin keberuntungan?

And The Jewel Goes To……

GRACE NATALIE
( 14,10% vote – 7 Supervote )

tvOne mengalami perubahan mengejutkan dengan menurunnya suara pendukung Rahma Sarita, yang mana tahun lalu meraih dominansi di Kaukus ini. Angin rupanya beralih mendukung pada Grace Natalie untuk mewakili tvOne lolos ke Convention. Dengan segenap potensi baik fisik maupun skill, maka tvOne boleh berharap banyak pada Grace Natalie tahun ini.

Klasemen 5 Besar

Grace Natalie (14,10% – 7 SV)
Tina Talisa (12,82% – 4 SV)
Nane Nindya (11,54% – 5 SV)
Rahma Sarita (10,26% – 5 SV)
Shinta Puspitasari (6,41% – 3 SV)
Yenny Yusra (6,41% – 3 SV)

Best Overachiever of The Station: Nane Nindya (+5 from 4)
Worst Underperformer of The Station: Rahma Sarita (-3 from 10)
Rookie of The Station: Maskarana (3,85% – 2 SV)

CAUCUS III: RCTI
Populasi: 10 kandidat

RCTI adalah kaukus di mana pemenangnya, yaitu Isyana Bagoes Oka menjadi pemenang Election tahun lalu. Tahun ini RCTI berhasil meraih distribusi suara 100% untuk semua anchornya. Akankah ini membantu Isyana Bagoes Oka untuk menapaki kembali jalur suksesnya seperti tahun lalu? Ataukah pendatang-pendatang baru macam Amalia Ghamyla dan Riri Surya yang akan berjaya?

And The Jewel Goes To……

CHANTAL DELLA CONCETTA
( 29,49% vote – 12 Supervote)

Seperti halnya tahun lalu, tahun ini pun persaingan di RCTI masih diwarnai oleh antara Chantal della Concetta dan Isyana Bagoes Oka. Namun tahun ini, Chantal della Concetta mengawali Primary dengan amat baik sekali dan meraih kemenangan yang cukup penting atas rival utamanya itu. Sekalipun di fase-fase akhir perolehan vote Isyana Bagoes Oka meningkat, namun belum cukup untuk mengembalikannya masuk ke Convention.

Klasemen 5 Besar

Chantal della Concetta (29,49% – 12 SV)
Isyana Bagoes Oka (23,08% – 10 SV)
Amalia Ghamyla (11,54% – 5 SV)
Joice Triatman (11,54% – 4 SV)
Ledy Simarmata (6,41% – 5 SV)

Best Overachiever of The Station: Chantal della Concetta (+10)
Worst Underperformer of The Station: -none-
Rookie of The Station: Amalia Ghamyla (11,54% – 5 SV)

CAUCUS IV: SCTV
Populasi: 10 kandidat


SCTV mengawali JoTS 2009 dengan kehilangan beberapa anchornya seperti Nastiti Lestari, Linda Putri Mada, dan Ajeng Kamaratih. Namun seperti halnya RCTI, tahun ini SCTV juga berhasil mencapai tingkat distribusi 100%. Tanpa adanya pendatang baru, akankah perolehan suara para anchor lama ini meningkat? Atau malah Rike Amru akan kembali mempertahankan gelarnya sebagai jawara SCTV?

And The Jewel Goes To……

NOVA RINI
( 24,36% vote – 10 Supervote )

Setelah tahun lalu hanya menduduki peringkat kedua di bawah Rike Amru, Nova Rini menyodok secara mengejutkan semenjak Primary dimulai. Perolehan suaranya bahkan selalu memimpin dengan meyakinkan sehingga susah untuk dikejar oleh kandidat manapun. Spesialis Liputan 6 Pagi bersama Bayu Sutiyono, Nova Rini memang pantas untuk mewakili SCTV dalam pemilihan tingkat Convention.

Klasemen 5 Besar

Nova Rini (24,36% – 10 SV)
Rike Amru (20,51% – 8 SV)
Anastasya Putri (12,82% – 6 SV)
Juanita Wiratmaja (10,26% – 5 SV)
Sondang Sirait (8,97% – 4 SV)

CAUCUS V: ANTV
Populasi: 8 kandidat

ANTV mengalami kehilangan Fessy Alwi yang pindah ke MetroTV sebelum JoTS 2009 dimulai. Padahal Fessy tahun lalu adalah runner-up di bawah Tengku Fiola dan peringkat ketiga dalam perolehan suara tingkat Interstate. Dengan mempertahankan jumlah distribusi suara 100%, akankah pendatang baru macam Anastasya Felder dan Eva Chairunnisa memberikan perlawanan cukup pada Tengku Fiola seperti halnya Fessy Alwi?

And The Jewel Goes To……

TENGKU FIOLA
( 30,77% vote – 15 Supervote )

Tanpa Fessy Alwi, Tengku Fiola mendapatkan tantangan dari Rahma Alia, yang mendapatkan banyak keuntungan dari beralihnya beberapa suara pendukung Fessy Alwi kepada dirinya. Namun persaingan antara Rahma Alia dengan Tengku Fiola tahun ini tidaklah seramai seperti ketika Fessy Alwi masih ada. Alhasil, setelah fase awal Primary, Tengku Fiola bagai melenggang sendirian untuk memimpin perolehan suara di kaukus ANTV. Total Tengku Fiola dipilih oleh 23 dari 25 orang voter, alias 92% dari semua pemilih.

Klasemen 5 Besar

Tengku Fiola (30,77% – 15 SV)
Rahma Alia (23,08% – 10 SV)
Fitri Ekawati (15,38% – 5 SV)
Anastasya Felder (8,97% – 3 SV)
Paula Kalalo (6,41% – 4 SV)

Best Overachiever of The Station: Tengku Fiola (+8)
Worst Underperformer of The Station: -none-
Rookie of The Station: Anastasya Felder (8,97% – 3 SV)

CAUCUS VI: TRANSTV
Population: 11 kandidat


TransTV selalu menunjukkan hasil penghitungan suara yang menarik dan tidak terduga. Tahun ini jumlah populasi bertambah menjadi 11 kandidat, serta berhasilnya TransTV mendapatkan distribusi 100%, plus munculnya tiga pendatang baru. Tanpa adanya satu figur pun yang menonjol, akankah sekali lagi TransTV memunculkan kejutan?

And The Jewel Goes To……

WORO WINDRATI
( 19,23% vote – 8 Supervote )

TransTV menjadi contoh pertama kalinya untuk aplikasi Supervote dalam menyelesaikan permasalahan nilai kembar. Juara tahun lalu, Woro Windrati, melangkah terseok-seok dalam Primary tahun ini, nyaris kalah dari Daisy Weku yang perkasa di awal-awal. Pada akhirnya, meskipun Woro Windrati mendapatkan jumlah suara yang dia perlukan untuk kembali memenangkan Primary, kredit tak kalah besar patut pula kita berikan kepada Daisy Weku, yang berhasil menyamai perolehan suara dari Woro.

Klasemen 5 Besar

Woro Windrati (19,23% – 8 SV)
Daisy Weku (19,23% – 7 SV)
Nadya Amalia (12,82% – 7 SV)
Suci Lie (10,26% – 6 SV)
Dian Kencana Dewi (8,97% – 3 SV)

Best Overachiever of The Station: Dian Kencana Dewi (+7)
Worst Underperformer of The Station: -none-
Rookie of The Station: Nadya Amalia (12,82% – 7 SV)

CAUCUS VII: TRANS|7
Populasi: 11 kandidat

Jumlah populasi di Trans|7 pada Primary ini berkurang dari 13 tahun lalu menjadi hanya 11 kandidat. Ini terutama disebabkan oleh tidak aktifnya beberapa anchor senior di layar dan pindahnya Nina Melinda ke MetroTV. Berbeda dari saudara tuanya, perolehan suara Trans|7 lebih kurang terduga; namun tahun ini Trans|7 pun berhasil meraih distribusi suara 100%. Akankah Lolo Siregar kembali memenangkan Primary di kaukus ini?

And The Jewel Goes To……

LOLO SIREGAR
( 19,23% vote – 10 Supervote )

Sebagai figur dominan di Trans|7, memang pantas bagi Lolo Siregar untuk kembali memenangkan Primary tahun ini. Titik pusat perhatian pada Kaukus ini justru diberikan kepada Lianita Mahariza, yang meskipun berstatus sebagai pendatang baru, namun sudah melangkah pasti untuk menantang Lolo Siregar dalam perebutan tempat ke Convention. Terlepas dari akhirnya Lolo Siregar berhasil mengungguli Lianita Mahariza, hasil Primary ini menunjukkan bahwa betapa dominasi Lolo Siregar di Trans|7 pun mulai menurun.

Klasemen 5 Besar

Lolo Siregar (19,23% – 10 SV)
Lianita Mahariza (16,67% – 9 SV)
Anggita Suryo (12,82% – 6 SV)
Hadijah Al-Jufri (12,82% – 4 SV)
Zweta Manggarani (10,26% – 5 SV)

Best Overachiever of The Station: Hadijah Al-Jufri (+7 from 4)
Worst Underperformer of The Station: -none-
Rookie of The Station: Lianita Mahariza (16,67% – 9 SV)

CAUCUS VIII: TPI
Population: 5 kandidat

Tahun lalu, dengan hanya populasi TPI sebanyak 4 kandidat, proses Primary di Kaukus ini berlangsung dengan “berdarah-darah”. Dengan munculnya 3 pendatang baru untuk menggantikan Farra Dilla dan Tri Ambarwatie, apakah hasil Primary kali ini juga “berdarah-darah”?

And The Jewel Goes To……

DIAN PUSPITASARI
( 29,49% vote – 13 Supervote )

Dian Puspitasari menjadi satu-satunya rookie yang berhasil meraih tempat di Convention. Seperti tahun lalu, pemilihan di Kaukus TPI pun berlangsung dengan amat ketat, serta di sini kita bisa melihat ketidakmampuan dari Sandra Dewi untuk bisa kembali memenangkan Primary yang amat sangat ketat dan “berdarah-darah” ini.

Klasemen 5 Besar

Dian Puspitasari (29,49% – 13 SV)
Kenia Gusnaeni (24,36% – 13 SV)
Sandra Dewi (21,79% – 11 SV)
Winda Cahyadi (12,82% – 3 SV)
Eveline Jody (11,54% – 5 SV)

Best Overachiever of The Station: Kenia Gusnaeni (+8)
Worst Underperformer of The Station: -none-
Rookie of The Station: Dian Puspitasari (29,49% – 13 SV)

CAUCUS IX: INDOSIAR
Populasi: 5 kandidat

Indosiar mengalami kehilangan populasi sebesar 50% tahun ini, dan tanpa adanya penambahan pendatang baru untuk menggantikan kehilangan sebesar itu. Otomatis, persaingan antar anchor lama pun akan berlangsung dengan lebih ketat. Akankah terjadi sesuatu yang mengejutkan tahun ini?

And The Jewel Goes To……

NIKE KUSMARINI
( 26,92% vote – 11 Supervote )

Pengurangan populasi membuat tingkat persaingan di Indosiar meningkat jauh dibandingkan sebelumnya. Apalagi tidak adanya pendatang baru membuat para anchor lama mendapatkan keuntungan dari terdistribusinya suara dari kandidat yang hilang. Sekalipun sempat tertinggal dari Jenny Tan di awal-awal Primary, Nike Kusmarini tetap melangkah dengan pasti untuk kembali memenangkan Primary tahun ini.

Klasemen 5 Besar

Nike Kusmarini (26,92% – 11 SV)
Jenny Tan (20,51% – 9 SV)
Ziza Hamzah (19,23% – 8 SV)
Fella Sumendap (16,67% – 9 SV)
Rania Shamlan (16,67% – 8 SV)

Best Overachiever of The Station: Nike Kusmarini (+12)
Worst Underperformer of The Station: -none-
Rookie of The Station: -none-

CAUCUS X: GLOBALTV/MNC NEWS
Populasi: 9 kandidat

GlobalTV/MNC News tahun ini berhasil menaikkan distribusi suaranya dari 50,00% menjadi 88,89%, sekaligus menjadi peningkatan terbaik untuk Primary ini. Tentunya ini akan merubah peta kekuatan GlobalTV dengan cukup signifikan. Bagaimanakah peta kekuatan baru dari Kaukus yang tingkat status quo-nya tergolong cukup tinggi ini?

And The Jewel Goes To……

VIRGIANTY KUSUMAH
( 20,51% vote – 10 Supervote )



Tahun ini tantangan terhadap Virgianty Kusumah datang dari sesama rekan senior, yaitu Sutra Kharmelia. Bahkan Sutra Kharmelia sempat mengungguli Virgianty Kusumah dalam paruh pertama Primary sebelum akhirnya Virgianty Kusumah mengambil vote yang ia perlukan untuk menang. Gayanya yang lebih cheerful mungkin menjadi kunci kemenangannya atas Sutra Kharmelia yang relatif lebih “dingin”. Primary tahun ini juga menunjukkan pergerakan di “papan bawah” di mana terjadi lonjakan vote pada anchor-anchor generasi baru semacam Metta Sagita, Maya Intan, dan Risca Indah.
Klasemen 5 Besar

Virgianty Kusumah (20,51% – 10 SV)
Sutra Kharmelia (19,23% – 7 SV)
Risca Indah (16,67% – 10 SV)
Vanessa Aesculapiana (16,67% – 5 SV)
Maya Intan (11,54% – 5 SV)

Best Overachiever of The Station: Metta Sagita (+8)
Worst Underperformer of The Station: -none-
Rookie of The Station: Maya Intan (11,54% – 5 SV)

Hasil Primary Tingkat Interstate

Setelah berlangsung selama lebih dari satu bulan, mulai dari 19 Januari hingga 20 Februari lalu, akhirnya Pemilihan Newsanchor Wanita Terfavorit: Jewel of The Station 2009 di Forum Penyiar Berita Kesayangan WebGaul telah menyelesaikan tahapan Primary, untuk memilih dari 119 anchor di 10 station TV swasta, yang bakal mewakili station masing-masing pada pemilihan tingkat National Convention yang akan berlangsung selepas ini. Sebelum menuju pada 10 kandidat peserta Convention, maka terlebih dahulu akan di-review hasil Primary pada tingkatan Interstate.

Berbeda dari tahun lalu, pada Primary tahun ini, ada beberapa perubahan signifikan. Apabila tahun lalu JoTS diikuti oleh 11 station (Kaukus) dan 125 orang newsanchor, maka tahun ini JoTS hanya diikuti oleh 10 station dengan total 119 newsanchor, sehubungan dengan non-aktifnya ASTRO Awani. Walaupun begitu, secara keseluruhan, Primary tahun ini mencatat beberapa peningkatan apabila dibandingkan dengan tahun lalu. Paling penting adalah meningkatnya jumlah pemilih dari 17 voter menjadi 26 voter atau ada peningkatan sebesar 53%. Sebagai akibatnya, maka vote dari beberapa Kaukus pun ikut pula terdongkrak secara signifikan. Primary 2009 juga menunjukkan bahwa 6 dari 10 Kaukus mendapatkan 100% suara, di mana hal ini meningkat 33% dari tahun lalu (hanya 3 dari 11 station yang mendapatkan 100% suara). Selain itu, sekarang jumlah vote pemenang dari tiap-tiap station pun berhasil mencapai 2 digit, di mana hal ini tidak tercapai pada tahun lalu (ada 2 station yang pemenangnya tidak mencapai 10 vote). Dalam pada itu, jumlah kandidat yang tidak mendapatkan vote pun menurun, yaitu dari angka 20% tahun lalu (25 dari 125 kandidat), turun menjadi hanya 10,92% saja tahun ini (13 dari 119 kandidat).

Tanpa membuang waktu lagi, inilah perolehan suara hasil Primary pada perbandingan tingkat Interstate. Namun sekali lagi perlu diingat bahwa pembandingan pada tingkat Interstate ini hanya untuk membandingkan komparasi jumlah suara yang didapatkan secara overall, jadi pemegang vote terbanyak dalam Interstate ini BUKAN pemenang JoTS 2009, karena masih ada pemilihan tahap selanjutnya (Convention):

(24 Vote)
Tengku Fiola (ANTV)

(23 Vote)
Dian Puspitasari (TPI)
Chantal della Concetta (RCTI)

(21 Vote)
Nike Kusmarini (Indosiar)

(19 Vote)
Nova Rini (SCTV)
Kenia Gusnaeni (TPI)

(18 Vote)
Rahma Alia (ANTV)
Isyana Bagoes Oka (RCTI)

(17 Vote)
Sandra Dewi (TPI)

(16 Vote)
Virgianty Kusumah (GlobalTV/MNC News)
Rike Amru (SCTV)
Jenny Tan (Indosiar)

(15 Vote)
Ziza Hamzah (Indosiar)
Woro Windrati (TransTV)
Sutra Kharmelia (GlobalTV/MNC News)
Lolo Siregar (Trans|7)
Daisy Weku (TransTV)

(13 Vote)
Vanessa Aesculapiana (GlobalTV/MNC News)
Risca Indah (GlobalTV/MNC News)
Rania Shamlan (Indosiar)
Lianita Mahariza (Trans|7)
Fella Sumendap (Indosiar)

(12 Vote)
Fitri Ekawati (ANTV)

(11 Vote)
Grace Natalie (tvOne)
Frida Lidwina (MetroTV)

(10 Vote)
Winda Cahyadi (TPI)
Tina Talisa (tvOne)
Nadya Amalia (TransTV)
Lucia Saharui (MetroTV)
Hadijah Al-Juffri (Trans|7)
Anggita Suryo (Trans|7)
Anastasya Putri (SCTV)

(9 Vote)
Nane Nindya (tvOne)
Maya Intan (GlobalTV/MNC News)
Joice Triatman (RCTI)
Eveline Jody (TPI)
Amalia Ghamyla (RCTI)

(8 Vote)
Zweta Manggarani (Trans|7)
Suci Lie (TransTV)
Rahma Sarita (tvOne)
Putri Raemawasti (Trans|7)
Metta Sagita (GlobalTV/MNC News)
Juanita Wiratmaja (SCTV)

(7 Vote)
Sondang Sirait (SCTV)
Dian Kencana Dewi (TransTV)
Anastasya Felder (ANTV)

(6 Vote)
Zelda Savitri (MetroTV)
Utrich Farzah (TransTV)
Nina Melinda (MetroTV)
Lely Hermawan (Trans|7)
Fessy Alwi (MetroTV)
Eva Julianti (MetroTV)

(5 Vote)
Yenny Yusra (tvOne)
Shinta Puspitasari (tvOne)
Sella Wangkar (SCTV)
Rosiana Silalahi (SCTV)
Riri Surya (RCTI)
Prita Laura (MetroTV)
Paula Kalalo (ANTV)
Novieta Putri (TransTV)
Ledy Simarmata (RCTI)
Gadiza Fauzi (MetroTV)
Ariana Herawaty (ANTV)
Annie Rahmi (TransTV)

(4 Vote)
Ratna Dumila (tvOne)
Mira Khairunnisa (Trans|7)
Melati Suryaningtyas (ANTV)
Kaze Pury (TransTV)
Kania Sutisnawinata (MetroTV)
Elvira Khairunnisa (tvOne)
Dwi Anggia (SCTV)
Aviani Malik (MetroTV)

(3 Vote)
Tascha Liudmila (MetroTV)
Prita Pia Pramarani (GlobalTV/MNC News)
Maskarana (tvOne)
Leoni Agustina Diani (Trans|7)
Inne Sudjono (RCTI)
Indy Rahmawati (tvOne)
Eva Chairunnisa (ANTV)
Elvita Khairani (MetroTV)
Dentamira Kusuma (RCTI)
Andini Effendi (MetroTV)

(2 Vote)
Yulia Supadmo (RCTI)
Winny Arnold (SCTV)
Veronica Moniaga (tvOne)
Susinta Hudi (tvOne)
Sumi Yang (MetroTV)
Lisa Namuri Arif (TransTV)
Gadis Parengkuan (SCTV)
Fenny Anastasia (tvOne)
Farrah Dilla (tvOne)
Astrid Kathrene (tvOne)

(1 Vote)
Virgie Baker (MetroTV)
Tessa Anindita (TransTV)
Seera Safira (tvOne)
Ratna Wardani (MetroTV)
Putri Viola (tvOne)
Paramitha Soemantri (tvOne)
Marissa Anita (MetroTV)
Hentty Kartika (tvOne)
Gita Purnama Dewi (Trans|7)
Cindy Sistyarani (tvOne)
Cheryl Tanzil (MetroTV)
Catharina Davy (RCTI)
Atika Sunarya (tvOne)
Astrid Tayib Napis (GlobalTV/MNC News)

(Tidak Mendapat Vote)
Yvonne Adelia (MetroTV)
Yunita Prima (tvOne)
Yani Wihardja (Trans|7)
Sendia Berka (GlobalTV/MNC News)
Putri Ayuningtyas (MetroTV)
Niken Dyah (tvOne)
Maria Kalaij (MetroTV)
Ike Suhardjo (tvOne)
Icha Avrianty (tvOne)
Dewi Budianti (tvOne)
Catherine Keng (MetroTV)
Angga Saraswati (tvOne)
Andi Kumala (tvOne)

Dengan hasil Primary, maka ditentukan bahwa kandidat tiap station yang berhak maju ke tahapan National Convention adalah sebagai berikut:-Frida Lidwina (MetroTV)
-Grace Natalie (tvOne)
-Chantal della Concetta (RCTI)
-Nova Rini (SCTV)
-Tengku Fiola (ANTV)
-Woro Windrati (TransTV)*
-Lolo Siregar (Trans|7)
-Dian Puspitasari (TPI)
-Nike Kusmarini (Indosiar)
-Virgianty Kusumah (GlobalTV/MNC News)

Ket *= Jumlah suara yang didapatkan oleh Woro Windrati dan Daisy Weku di Kaukus TransTV adalah sama (15 suara), tapi Woro unggul dengan mekanisme “supervote” (8 suara “supervote” Woro vs 7 suara “supervote” Daisy)

*****************************************.

Dari 10 kandidat yang lolos dalam Convention, sekitar 5 orang atau 50%-nya adalah baru tahun ini maju, yaitu: Frida Lidwina, Grace Natalie, Chantal della Concetta, Nova Rini, dan Dian Puspitasari. Mereka berturut-turut menggantikan posisi Eva Julianti, Rahma Sarita, Isyana Bagoes Oka, Rike Amru, dan Sandra Dewi, yang tahun ini gagal mengulangi pencapaian mereka tahun lalu. Hal yang menarik adalah bahwa dari dua orang yang gagal, yaitu Isyana Bagoes Oka dan Eva Julianti, adalah masing-masing juara dan runner-up tahap Election tahun lalu. Jadi bisa dipastikan tahun ini Election akan menghasilkan juara baru.

Selain itu diberikan juga penghargaan sebagai berikut:

Most Voted, yaitu penghargaan bagi yang mendapatkan suara terbanyak, yang jatuh kepada: Tengku Fiola (ANTV) dengan mendapatkan 24 vote

Best Overall, yaitu penghargaan bagi yang mendapatkan koefisien overall terbaik, yang jatuh kepada: Grace Natalie (tvOne) dengan koefisien 3,32

Best of Overachievers, yaitu penghargaan untuk mereka yang meraih peningkatan terbaik dari perolehan suara tahun lalu, yang jatuh pada: Nike Kusmarini (Indosiar) yang berhasil meraih peningkatan sebanyak 12 vote.

Para Overachievers Terbaik dari masing-masing Station adalah:

-MetroTV: Frida Lidwina (+7 vote)
-tvOne: Nane Nindya (+5 vote)
-RCTI: Chantal della Concetta (+11 vote)
-SCTV: Nova Rini (+10 vote)
-ANTV: Tengku Fiola (+9 vote)
-TransTV: Dian Kencana Dewi (+7 vote)
-Trans|7: Hadijah Al-Jufri (+6 vote)
-TPI: Kenia Gusnaeni (+9 vote)
-Indosiar: Nike Kusmarini (+12 vote)
-GlobalTV/MNC News: Metta Sagita (+8 vote)

Underperformer, ini bukanlah penghargaan, namun hanya menunjukkan siapa yang telah mengalami penurunan terburuk dibandingkan hasil tahun lalu, dan tahun ini underperformer terburuk adalah: Rahma Sarita (tvOne) dengan penurunan suara sebesar minus 2 vote.

Daftar lengkap para Underperformers adalah sebagai berikut:

1. Rahma Sarita (tvOne) (-2 vote dari 10 vote pada 2008)
2. Indy Rahmawati (tvOne) (-2 vote dari 5 vote)
3. Eva Julianti (MetroTV) (-1 vote dari 7 vote)
4. Sella Wangkar (SCTV) (-1 vote dari 6 vote)
5. Gadiza Fauzi (MetroTV) (-1 vote dari 6 vote)
6. Ratna Dumila (tvOne) (-1 vote dari 5 vote)
7. Gadis Parengkuan (SCTV) (-1 vote dari 3 vote)

Rookie of The Year, yaitu penghargaan untuk pendatang baru dengan poin terbaik, yang jatuh pada: Lianita Mahariza (Trans|7) dengan koefisien 1,54***

Ket ***=Koefisien dihitung dengan rumus sebagai berikut: (jumlah suara kandidat/total vote per station) x (jumlah populasi per station/jumlah populasi keseluruhan), dan angka dinyatakan dalam persen.

Bagi kategori pendatang baru (mereka yang baru dimasukkan ke JoTS tahun ini) ada sekitar 30 orang, berikut adalah daftar dari klasemen pendatang baru terbaik:

1. Lianita Mahariza (Trans|7) Koef 1.54
2. Dian Puspitasari (TPI) Koef 1.24
3. Nadya Amalia (TransTV) Koef 1.19
4. Amalia Ghamyla (RCTI) Koef 0.97
5. Aviani Malik (MetroTV) Koef 0.95
6. Putri Raemawasti (Trans|7) Koef 0.95
7. Maskarana (tvOne) Koef 0.90
8. Maya Intan (GlobalTV/MNC News) Koef 0.87
9. Andini Effendi (MetroTV) Koef 0.71
10. Astrid Kathrene (tvOne) Koef 0.60
11. Susinta Hudi (tvOne) Koef 0.60
12. Anastasya Felder (ANTV) Koef 0.60
13. Annie Rahmi (TransTV) Koef 0.59
14. Riri Surya (RCTI) Koef 0.54
15. Winda Cahyadi (TPI) Koef 0.54
16. Eveline Jody (TPI) Koef 0.48
17. Atika Sunarya (tvOne) Koef 0.30
18. Seera Safira (tvOne) Koef 0.30
19. Putri Viola (tvOne) Koef 0.30
20. Eva Chairunnisa (ANTV) Koef 0.26
21. Marissa Anita (MetroTV) Koef 0.24
22. Tessa Anindita (TransTV) Koef 0.12

Lalu, siapakah yang akan menjadi “The One Jewel“, Newsanchor Wanita Terfavorit Indonesia? Nantikan tahapan National Convention dan Election yang akan dilaksanakan sebentar lagi!

Tanpa membuang banyak waktu lagi, National Convention akan segera dimulai. Para pemenang dari Primary akan dimasukkan dalam dua Grup Konvensi, dan inilah grup tersebut:EASTERN NATIONAL CONVENTION

Frida Lidwina (MetroTV)
Chantal della Concetta (RCTI)
Tengku Fiola (ANTV)
Lolo Siregar (Trans|7)
Nike Kusmarini (Indosiar)

WESTERN NATIONAL CONVENTION

Grace Natalie (tvOne)
Nova Rini (SCTV)
Woro Windrati (TransTV)
Dian Puspitasari (TPI)
Virgianty Kusumah (GlobalTV/MNC News)

Dua nama untuk masing2 Convention, dan Convention akan dimulai pada tanggal 23 Februari 2009. Tapi… Vote via MP boleh diberikan mulai SEKARANG…

Para Delegates yang sudah masuk dalam daftar Fixed wajib untuk memilih.

PENGUMUMAN
Sehubungan dengan ketidakjelasan berita soal Bayu Sutiyono, maka Vassal Interregnum TFK ditunda sampai batas tanggal 23 Februari

About these ads

21 pemikiran pada “Hasil Primary Jewel Of The Station 2009

  1. Wah…..hebat…hebat…salut buat web admin yang bisa membuat konsep award serumit dan sekompleks ini (anak matematika-kah anda, bos?)…sayang saya ndak sempat ikut vote…agak bingung soalnya….Well, tahun depan, saya harus ikut deh!
    Sukses terus ya!

  2. wah,rame amat jewel of the station tahun ini.
    foto nike kusmarini yg diatas yg kapan mas(tanggal,bulan,yg terpenting tahun).
    ditunggu ya mas.

  3. Para penghuni NAA, bersiaplah, pada tahapan Election, suara para pengunjung setia NAA akan turut menentukan siapa di antara dua finalis yang berhak menyandang predikat terfavorit…

    @wikouwen
    Bukan, bukan anak matematika, koq…
    Malah ini bisa jadi adalah mimpi buruk matematika… Hahaha

  4. Iya tuh, si Jan gimana, nih?
    Aku sih sibuk bikin yang WG…

    @ moonriver
    Yang pasti sih jatah EC buat WG ama NAA sama koq…
    sama2 12

  5. Mungkin yaa….lah…tapi barusan saya coba vote lagi (sidebar)bisa tu? Kalau vote-nya berhasil kan tulisannya “Thank you for your voting” bukan??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s