Seputar Jakarta-Seputar Indonesia (RCTI Jadoel)

Melanjutkan posting blast from the past edisi Helmi Johannes. Kali ini saya coba tampilkan capture lain dari RCTI jadul yang dicapture pada acara Bukan Untuk Publik. Acara itu adalah acara khusus yang tayang pada saat RCTI ulang tahun agustus tahun lalu.

Ada yang pernah nonton acara di atas?

Kayaknya jarang deh, malah mungkin bagi yang sering mampir ke sini mungkin nggak ada.Karena itu acara kalo nggak salah pas awal-awal RCTI mulai siaran. tepatnya bulan November 1989(hayo udah pada lahir belum tuh kalian? :P ). Menurut info dari web RCTI namanya Seputar Bogor dan Jakarta tapi logo di atas tulisannya Seputar Jakarta(entah apa yang benar, belum nonton TV sih waktu itu)

Kalo yang di atas ini mungkin ada yang pernah lihat(salah satunya gw yang waktu itu masih kecil banget). Program Seputar Indonesia sendiri awalnya hanya merupakan program yang berisi informasi pendukung program berita TVRI. Saat itu tv swasta masih belum boleh produksi siaran berita. Yang diperbolehkan hanya berupa informasi pendukung saja.

Saat itu yang terkenal menjadi presenter Seputar Indonesia ada tiga nama yaitu Adolf Posumah, Zsa Zsa Yusharyahya dan Ida Parwati. Tiga nama itu terkenal banget untuk daerah yang bisa menangkap siaran RCTI. Selain karena program Seputar Indonesia saat itu juga cukup menarik sebagai alternatif pemirsa dalam mendapatkan informasi selain dari TVRI.

Oya ada dua fase pada saat awal-awal Seputar Indonesia mulai siaran. Yaitu fase sebelum siaran nasional dan sesudah siaran nasional sekitar tahun 93-94. Perbedaannya terletak pada set studionya.



Adolf Posumah



Ida Parwati ( set seputar Indonesia jadul sebelum siaran nasional)

Nah set setelah siaran nasional seperti di bawah ini



Kayaknya cuma itu aja capt jadul Seputar Indonesia yang gw punya. Kalo yang di bawah ini nggak tahu Seputar Indonesia apa bukan. Kayaknya sih masih Seputar Indonesia.

Oya setelah siaran nasional nggak cuma tiga nama yang saya sebut di atas saja yang siaran di Seputar Indonesia. Kayaknya yang di bawah ini yaitu Fetty Fajriwati juga siaran di Seputar Indonesia.



Fetty Fajriati(dulu)

Cukup deh capture jadulnya. Sekarang capture kondisi terakhir




Fetty Fajriwati(sekarang)



Ida Parwati (kini)

Fiuhh udah deh. Cuma itu aja serba-serbi Seputar Indonesia jadul yang ada di koleksi gw. Itu juga dapatnya dari acara Bukan Untuk Publik agustus tahun lalu. Yang jelas brand Seputar Indonesia ini dulu sangat kuat. Hal ini yang memicu RCTI mengubah nama program beritanya menjadi Seputar Indonesia semua mulai senin besok.

About these ads

18 pemikiran pada “Seputar Jakarta-Seputar Indonesia (RCTI Jadoel)

  1. Hi, do you have the whole video of this clip? I wish I can watch it online as I am not in Indonesia, thanks!

  2. I should say I always staying in Hong Kong, so I don’t know there was such a great programme… I can only cap sample programmes when I visit relatives in Indonesia

    Here is one of my sample recording:

    BTW, will you cap tomorrow’s SATU Seputar XXXX (Pagi, Siang, Indonesia, etc.)?

  3. “Program Nuansa Pagi akan menjadi Seputar Indonesia pagi, Buletin Siang akan menjadi Seputar Indonesia siang dan Buletin Malam akan menjadi Seputar Indonesia malam.”

    Starting from tomorrow (Feb. 9)

  4. Selamat pagi Seputar Indonesia (SetarA). Menurut saya seputar indonesia dari tahun ke tahun perubahannya sangat2 bagus sekali tapi ada kekurangan. saran saya kalau perlu tampilkan perkiraan cuaca tidak hanya beritanya. Maksudnya meamgn berita tentang bencana alam pasti ada tetapi kalau perkiraan cuaca tidak sering saya lihat pada akhir berita. Saya ucapkan terima kasih

  5. mas,kira2 di acara bukan untuk publik ada ga mas foto jadul buletin pagi sctv?
    kan dulu rcti ama sctv bersaudara.

  6. mas,dulu kan mas adolf tuh setelah di rcti pindah ke lativi a.k.a tvone,kira2 jadi apa terus masih disitu ga mas?

  7. “Oya ada dua fase pada saat awal-awal Seputar Indonesia mulai siaran. Yaitu fase sebelum siaran nasional dan sesudah siaran nasional sekitar tahun 93-94. Perbedaannya terletak pada set studionya.”

    Koreksi dikit Reds & Black. Perbedaan set studio bukan disebabkan karena sudah siaran nasional, tapi karena Sindo (singkatan Redaksi RCTI dulu) punya gedung baru dan studio sendiri, yakni Studio 5 RCTI. Ini dilakukan pertengahan 1993 sekaligus launching Nuansa Pagi dan Buletin Siang. Sementara siaran nasional sudah dilakukan sejak pertengahan 1990 saat RCTI melepas dekoder dan bersiaran tanpa diacak serta juga melalui satelit Palapa (yang waktu itu masih analog).

  8. wah makasih koreksinya mas. Tapi mungkin kurang jelas yg saya tulis di atas. Maksud siaran nasionalnya itu yg pake antena uhf. sblm thn 93 kan hanya bisa pake parabola. Tapi nanti kalau udah dapat koneksi internet yang bagus akan saya koreksi sesuai yang mas helmi sampaikan. Terima kasih.

  9. seputar indonesia kurang inovasi berita dibanding tv one & metro
    penyergapan teroris nggak ada live, gempa beritanya g up to date semoga menjadi motivasi…

  10. Wah. Kalau bisa, saya minta video OBB newsnya RCTI dari tahun 1990an ampe yang 2010an. Yang paling saya suka, OBBnya Buletin Siang yang ada bola dunianya tapi pertamanya ada gambar2 di dalam globenya terus ditutupin jadi peta dunia. Kalo gak salah, OBBnya sekitar tahun 2000-2004 betul gak?

  11. chrys kelana dan ida parwati kini sudah tidak lagi bergabung dengan rcti namun seputar indonesia menjadi news rcti yang pertama dan tetap yang terbaik.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s